Jumat, 26 September 2008

Artikel

Dalam bahasa Inggris, dikenal definite noun (kata benda definit) dan indefinite noun (kata benda indefinit). Definite noun ditandai dengan kata THE, sedangkan indefinite ditandai dengan A, AN, atau tanpa artikel (karena bendanya jamak). Sayangnya bahasa Indonesia tidak punya artikel.

Definite Noun/Ism Ma'rifah (مَعْرِفَة)

Dalam bahasa Arab, definite noun ditandai dengan 1) awalan AL- (اَلْـ) dan 2) penghilangan akhiran tanwin. Contoh: Al-mu'allimu (اَلْمُعَلِّم) = THE male teacher.

Kalau huruf pertama dari kata benda adalah huruf SYAMSIYAH (ت ، ث ، د ، ذ ، ر ، ز ، س ، ش ، ص ، ض ، ط ، ظ ، ن ، ل), maka L dalam AL hilang dan digantikan oleh tasydid dari huruf pertama kata benda tersebut. Contoh: Asy-syamsyu (اَلشَّمْس), Al-lailu (اَللَّيْل)

Kalau huruf pertama dari kata benda adalah huruf QOMARIYAH (أ ، ب ، ج ، ح ، خ ، ع ، غ ، ف ، ق ، ك ، ل ، م ، هـ ، و ، ي), maka L tetap dibaca dan tidak ada tasydid di huruf pertama kata benda itu. Contoh: Al-qomaru (الْقَمَر), Al-masaa-u (الْمَسَاْء)

Kata benda berikut ini selalu definite noun meskipun tanpa AL-:
1. Proper noun (nama orang, tempat, dll). Contoh: Muhammad (مُحَمَّدٌ), 'Ali (عَلِيٌّ)
2. Kata ganti dan kata tunjuk
3. Kata nidak (yaa...)
4. Mudlof

Indefinite Noun/Ism Naqiroh (نَكِرَة)

Dalam bahasa Arab, indefinite noun ditandai dengan 1) akhiran tanwin dan 2) penghilangan awalan "AL". Contoh: Al-Qiththu (الْقِطُّ) = THE male cat, dan Al-Qiththotu (الْقِطَّةُ) = THE female cat, adalah ism ma'rifah. Bentuk ism naqirohnya adalah Qiththun (قِطٌّ) = A male cat, dan Qiththotun (قِطَّةٌ) = A female cat.

Catatan penting:
  1. Semua ism naqiroh yang manshub selalu ditambahkan alif pemanjang (ا) di akhir, kecuali kalau huruf terakhir adalah tak marbuthoh (ةً) dan hamzah. Contoh: waladan (وَلَدًا) = a boy; madrosatan (مَدْرَسَةً) = a school; maa-an (مَاءً) = a school.
  2. Khusus kata benda jamak lelaki dan dual, bentuk definite dan indefinite hanya berbeda pada ada/tidaknya awalan AL. Contoh: Waladaani (وَلَدَاْنِ) = two children; Al-waladaani (الْوَلَدَاْنِ) = THE two children; mu'allimuuna (مُعَلِّمُوْنَ) = teachers; al-mu'allimuuna (الْمُعَلِّمُوْنَ) = THE teachers.
  3. Kata benda yang berakhiran alif pemanjang (ـا / ـى) selalu berakhiran -an, baik definite, indefinite, marfu', manshub, majrur. Contoh: Fatan (فَتًىْ).
  4. Kata benda defektif yang berakhiran "y" pemanjang (ـِي) selalu berakhiran -in, kecuali nashob. Contoh: qoo-dlin (قَاضٍ) = a judge (marfu' dan majrur); qoo-dliyan (قَاضِيًا) = a judge (manshub)

Tidak ada komentar: