Rabu, 04 Februari 2009

Bacaan Dalam Sholat

Berikut ini saya juga akan menuliskan bagaimana bacaan dalam sholatnya Rasulullah. Hendaknya kita mengikuti tuntunan Rasulullah dan memahami maknanya.

DOA ISTIFTAH

Allaahumma baa'id bainii wa baina kho-thooyaaya kamaa baa'adta bainal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii min kho-thooyaya, kamaa yunaqqots tsaubul abya-dlu minad danas. Allahummagh silnii min kho-thooyaaya bits tsalji wal maa-i wal barod (Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan2ku seperti Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan2ku, seperti baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan2ku dengan salju, air dan es) (Hadits Bukhori, Muslim, Abu Dawud, An Nasa-i, Ibnu Majah)

atau

Subhaanakallaahumma wa bihamdika. Wa tabaarokas muka. wa ta'alaa jadduka. Wa laa ilaaha ghoiruka (Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan pujian-Mu. Dan Mahaberkah nama-Mu. Dan Mahatinggi kebesaran-Mu. Dan tiada sesembahan selain Engkau.) (Hadits shohih Imam Ahmad, At Tirmidzi, Abu Dawud, An Nasa-i, Ibnu Majah, dari Abu Sa'id Al Khudri)

atau

Wajjahtu wajhiya lilladzii fa-thoros samaawaati wal ardlo haniifan wa maa anaa minal musyrikiin. Inna sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi robbil 'aalamiin. Laa syariika lahu wa bi dzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin. Allaahumma antal maliku laa ilaaha illaa anta. Anta robbii wa anaa 'abduka. Dholamtu nafsii wa'taroftu bi dzanbii faghfirlii dzunuubii jamii'an. Innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta wahdinii li ahsanil akhlaaqi laa yahdii li ahsanihaa illaa anta. Washrif 'annii sayyi-ahaa. Laa yashrifu 'anii sayyi-ahaa illaa anta. Labbaika wa sa'daika. Wal khoiru kulluhu fii yadaika. Wasy syarru laisa ilaika. Anaa bi ka wa ilaika. Tabaarokta wa ta'aalaita. Astaghfiruka wa atuubu ilaika. (Kuhadapkan wajahku kepada Pencipta langit dan bumi (dengan agama yg) lurus dan janganlah aku digolongkan orang2 syirik. Sesungguhnya sholatku dan ibadahku dan hidupku dan matiku hanya untuk Allah Penguasa Seluruh Alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan karena itu aku diperintahkan dan aku digolongkan orang2 muslim. Ya Allah, Engkau adalah Raja, tiada sesembahan selain Engkau. Engkau Tuhanku dan aku abdi-Mu. Aku telah menganiaya diriku dan aku mengakui dosaku maka ampunilah dosaku semuanya. Sesungguhnya tiada yg bisa mengampuni dosa2 selain Engkau dan tunjukkanlah aku kepada akhlak yg ihsan (baik) tiada yg bisa menunjukkan kepada kebaikan selain Engkau. Dan hindarkan aku dari akhlak buruk. Tiada yg bisa menjauhkan akhlak buruk selain Engkau. Kupenuhi panggilan-Mu dengan kegembiraan. Dan seluruh kebaikan berada di kedua tangan-Mu. Dan kejelekan tak dinisbahkan kepada-Mu. Aku hidup dan kepada-Mu (aku kembali), (hidupku) dengan pertolongan-Mu dan rahmat-Mu. Aku mohon ampun dan bertobat kepada-Mu) (hadits Muslim, Abu Dawud, An Nasa-i, Imam Ahmad)

atau

Allaahumma lakal hamdu anta qoyyimus samaawaati wal ardli wa man fiihinna. Wa lakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardli wa man fiihinna. Wa lakal hamdu. Anta nuurus samaawaati wal ardli. Wa lakal hamdu. Anta malikus samaawaati wal ardli wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa'dukal haqq. Wa liqoo-uka haqq. Wa qouluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naaru haqq. Wan nabiyyuuna haqq. Wa muhammad sholallaahu 'alaihi was salaam haqq. Was saa-'atu haqq. Allaahumma laka aslamtu. Wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khooshomtu. Wa ilaika haakamtu. Faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhortu. Wa maa asrortu wa maa a'lantu. Antal muqoddim. Wa antal mu-akhkhir. Laa ilaaha illaa anta. (atau Laa ilaaha ghoiruka) (Ya Allah bagi-Mu segala puji Engkaulah pemelihara langit dan bumi dan apapun yg di dalamnya. Dan bagi-Mu segala puji bagi-Mu kerajaan langit dan bumi dan apapun yg di dalamnya. Dan bagi-Mu segala puji. Engkau cahaya langit dan bumi. Dan bagi-Mu segala puji. Engkau Raja Diraja langit dan bumi dan bagi-Mu segala puji Engkau Mahabenar. Dan janji-Mu benar, dan pertemuan dengan-Mu benar. Dan firman-Mu benar. Dan surga-Mu benar. Dan neraka-Mu benar. Dan nabi-Mu benar. Dan Muhammad SAW benar. Dan kiamat benar. Ya Allah hanya pada-Mu aku berserah. Dan hanya pada-Mu aku beriman dan hanya kepada-Mu aku bertawakal. Dan hanya kepada-Mu aku bertobat. Dan hanya dengan-Mu aku mengadu. Dan hanya kepada-Mu aku memohon keputusan. Maka ampuni apapun di masa lalu dan apapun di masa depan. Dan apapun yg aku sembunyikan dan apapun yg aku terang-terangan. Engkau Mahaawal. Dan Engkau Mahaakhir. Tiada sesembahan selain Engkau.) (hadits Bukhori Muslim, dari Ibnu Abbas, sebaiknya dibaca sholat malam/tahajjud)

atau

Allaahumma robba jibroo-iil wa miikaa-iil wa isroofiila faa-thiros samaawaati wal ardlo. 'Aalimal ghoibi wasy syahaadah. Anta tahkumu baina 'ibaadika fiimaa kaanuu fiihi yakhtalifuun. Ahdinii limakh tulifa fiihi minal haqqi bi-idznika. Innaka tahdii man ta-syaa-u ilaa shoriithim mustaqiim. (Ya Allah Tuhannya Jibril dan Mikail dan Isrofil. Pencipta langit dan bumi. Maha Mengetahui yg ghoib dan nyata. Engkau yg memutuskan hukum antara hamba2-Mu tentang apapun yg mereka perselisihkan. Tunjukkan aku pada kebenaran dari apa yg dipertentangkan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau menunjukkan pada jalan yg lurus bagi orang2 yg Engkau kehendaki.) (hadits Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, Rasulullah membacanya saat sholat malam)

Lalu membaca ta'awwudz:

A'uu-dzu billaahis samii'il 'aliimi minasy syaithoonir rojiimi min hamzihi wa nafkhihi wa naftsihi (Aku berlindung pada Allah Yg Maha Mendengar dan Mahatahu dari gangguan setan yg terkutuk, dan tipuannya dan bisikannya dan godaannya) (Hadits shohih Abu Dawud dkk)

Lalu baca Al Faatihah dan membaca aamiin.

RUKU'

Subhaana robbiyal 'a-dhiim 3x (Mahasuci Tuhanku Yang Maha Agung) (Hadits Ahmad, An Nasa-i, At Tirmidzi)


atau


Subhaanakallahumma robbanaa wabihamdika allahummaghfirlii (Mahasuci Engkau Ya Allah Tuhan kami dan dengan pujian-Mu. Ya Allah, ampunilah dosaku) (Hadits Bukhori Muslim)


atau


Subhaana dziljabaruuti wal malakuuti wal kibriyaa-i wal 'adhomah (Mahasuci Yang memiliki keperkasaan, kerajaan, kebesaran, dan keagungan) (Hadits shohih Abu Dawud, An Nasai)


atau

Subbuuhung qudduusur robbul malaa-ikati warruuh (Engkau Tuhan Mahasuci Mahaagung, Tuhan Malaikat dan Jibril (Ruh)) (Hadits Muslim, Abu Dawud, Nasai, Imam Ahmad)


BANGKIT DARI RUKU'

Sami'allaahu liman hamidah. (Allah mendengar pujian orang yg memuji-Nya) (hadits Bukhori)

Sami'allahu liman hamidah, Robbanaa wa lakal hamdu, Hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih (Allah mendengar pujian orang yg memuji-Nya, Ya Tuhan kami bagi-Mu segala puji, aku memuji-Mu dengan pujian yg banyak yg baik dan penuh berkah) (Hadits Bukhori)


Robbanaa lakal hamdu, Mil assamaawaati wamil al ardli wamil amaa syikta min syai-im ba'd. Ahlats tsanaa-i wal majd, Ahaqqu maa qoolal 'abdu, Wa kullunaa laka 'abd. Allahumma laa maa ni'a limaa a'thoita, Wa laa mu'thiya limaa mana't, Wa laa yanfa'u dzal jaddi mingkal jadd. (Wahai Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, (pujian) sepenuh langit dan sepenuh bumi dan sepenuh apa yg Engkau kehendaki setelah itu. Wahai Tuhan yg layak dipuji dan diagungkan, yg paling berhak dikatakan oleh seorang hamba, dan kami seluruhnya adalah hamba-Mu. Ya Allah, tiada yg dapat menghalangi apa yg Engkau berikan dan tiada pula yg dapat memberi apa yg Engkau halangi, tidak bermanfaat kekayaan dan kemuliaan bagi orang yg memilikinya dari (adzab)-Mu) (hadits Muslim, Abu 'Awanah, Abu Dawud: dari Abu Sa'id Al Khudri)



SUJUD


Subhaana robbiyal a'laa 3x (Mahasuci Tuhanku Yang Mahatinggi) (Hadits Imam Ahmad, Abu Dawud, An Nasa-i, At Tirmidzi, Ibnu Majah)

atau

Subhaanakallahumma robbanaa wabihamdika allahummaghfirlii (Mahasuci Engkau Ya Allah Tuhan kami dan dengan pujian-Mu. Ya Allah, ampunilah dosaku) (Hadits Bukhori Muslim)

atau


Subhaana dziljabaruuti wal malakuuti wal kibriyaa-i wal 'adhomah (Mahasuci Yang memiliki keperkasaan, kerajaan, kebesaran, dan keagungan) (Hadits shohih Abu Dawud, An Nasai, Ahmad)

atau

Subbuuhung qudduusur robbul malaa-ikati warruuh (Engkau Tuhan Mahasuci Mahaagung, Tuhan Malaikat dan Jibril (Ruh)) (Hadits Muslim)

atau


Subhaana dzil jabaruuti wal malakuuti wal kibriyaa-i wal 'adhomah (Mahasuci Tuhan yg memiliki keperkasaan dan memiliki kerajaan dan memiliki kebesaran dan memiliki keagungan) (Hadits Abu Dawud, An Nasa-i, dan Imam Ahmad)

DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD


Robbighfirlii 2x (Ya Tuhanku ampuni dosaku) (Hadits shohih Abu Dawud)


atau


Allahummaghfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii wahdinii wa'aafinii warzuqnii (Ya Allah ampuni aku, sayangi aku, cukupi kekuranganku, angkat derajatku, beri aku petunjuk, selamatkan aku, dan beri aku rizki) (Hadits Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah)



DOA SUJUD TILAWAH (saat membaca ayat tilawah setelah Al Fatihah, mendadak kita sujud, apa bacaan sujudnya?)


Sajada wajhiya lilladzii kholaqohu wa syaqqo sam'ahu waba-shorohu bihaulihi waquwwatihi (fa tabaarokallahu ahsanul khooliqiin) (Wajahku bersujud kepada Tuhan yg menciptakannya, yg membelah pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya (maka Mahasuci Allah sebaik-baik Pencipta)) (Hadits Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasa-i, Imam Ahmad, Al Hakim: dari Aisyah. Yg dalam kurung tambahan shohih dari Al Hakim)


DOA TASYAHUD


At tahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. Assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu warohmatullahi wabarokaatuh. Assalaamu 'alainaa wa'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. Asyhadu allaa ilaa ha illallaah. Wa asyhadu anna muhammadar rosuulullah. (Segala penghormatan, karunia, pengagungan, dan pujian hanya milik Allah. Semoga keselamatan terlimpahkan untukmu wahai Nabi, begitu juga rahmat Allah dan berkah-Nya. Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kami dan hamba2 Allah yg sholih. Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah) (Hadits Muslim, Abu 'Awanah: dari Ibnu Abbas)


atau


Attahiyyaatulillah. Wash sholawaatuth thoyyibaat. Assalaamu 'alaika ... (dst sampai) Wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluh. (Segala penghormatan hanya milik Allah, begitu juga segala pengagungan dan kebaikan. Semoga keselamatan.... Dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan Allah) (Hadits Bukhori Muslim. Tapi assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu diganti oleh Ibnu Mas'ud dan Aisyah atas izin Rasulullah, menjadi assalaamu 'alan nabiyyi)



SHOLAWAT NABI

Ingat, tidak ada hadits yg menambahkan sayyidinaa, dan itu merupakan bid'ah.

Allohumma sholli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa shollaita 'alaa ibroohiim, wa 'alaa aali ibroohiim, innaka hamiidum majiid. Allahumma baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa ibroohiim, wa 'alaa aali ibroohiim, innaka hamiidum majiid. (Ya Allah, berikan rahmat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada Ibrohim dan keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Mahamulia. Berikan berkah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrohim dan keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Mahamulia) (Hadits Bukhori, Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasai, Ibnu Majah, Imam Ahmad: dari Ka'ab bin 'Ujroh)


atau


Allohumma sholli 'alaa muhammad, wa 'alaa azwaajihi wa dzurriyyatih, kamaa shollaita 'alaa aali ibroohiim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa azwaajihi wa dzurriyyatih, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohiim, innaka hamiidum majiid (Ya Allah, berikan rahmat kepada Muhammad dan kepada istri2 dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada keluarga Ibrohim. Berikan berkah kepada Muhammad dan kepada istri2 dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada keluarga Ibrohim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Mahamulia) (Hadits Imam Malik, Bukhori, Muslim, Abu Dawud, dkk: dari Abu Humaid As Sa'idi)


atau


Allohumma sholli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa shollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim fil 'aalamiin, innaka hamiidum majiid (Ya Allah, berikan rahmat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada keluarga Ibrohim. Dan berikan berkah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada keluarga Ibrohim atas seluruh alam. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Mahamulia) (Hadits Imam Malik, Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasa-i: dari Abu Mas'ud Al Anshori)


DOA SETELAH TASYAHUD AKHIR SEBELUM SALAM


Allahumma innii a'uudzubika min 'adzaabi jahannam, wa min 'adzaabil qobr, wa min fitnatil mahyaa wal mamaat, wa min syarri fitnatil masiihid dajjaal. (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahannam, dan dari siksa kubur, dan dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah Dajjal Al Masih) (Hadits Muslim: dari Abu Huroiroh)


atau


Allahumma innii a'uudzubika min 'adzaabil qobr, wa a'uudzubika min fitnatil masiihid dajjaal, wa a'udzubika min fitnatil mahyaa wal mamaat. Allahumma innii a'uudzubika minal maktsami wal maghrom (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Dajjal Al Masih. Dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan hutang) (Hadits Bukhori, Muslim, An Nasa-i: dari Aisyah)


atau


Allahumma innii dholam min 'adzaabil qobri, wa a'uudzubika min fitnatil masiihid dajjaal, wa a'udzubika min fitu nafsii dholmang katsiiro. Wa laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta. Faghfirlii maghfirotan min 'indika. Warhamnii innaka antal ghofuurur rohiim (Ya Allah, sesungguhnya aku banyak menganiaya diriku, dan tiada yg mengampuni dosa2 selain Engkau. Maka ampunilah dosa2ku dengan ampunan dari sisi-Mu dan berikan rahmat kepadaku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Penyayang) (Hadits Bukhori, Muslim: dari Abu Bakar Ash Shiddiq)


atau


Allahumma innii as-aluka yaa allahu biannakal waahidul ahadush shomadul ladzii lam yalid walam yuulad walam yaqullahuu kufuwan ahad. An taghfirolii dzunuubii innaka antal ghofuurur rohiim (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu. Ya Allah, dengan bersaksi bahwa Engkau adalah Tuhan Yg Mahaesa, yg tidak membutuhkan segala sesuatu tapi segala sesuatulah yg bergantung pada-Mu, tidak beranak dan tidak diperanakkan, tidak ada seorangpun yg menyamai-Mu, aku mohon kepada-Mu agar mengampuni dosa2ku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Penyayang) (Hadits shohih An Nasa-i dan Ahmad)

atau

Allahumma innii as-aluka bi anna lakal hamda laa ilaaha illa anta wahdaka laa syariika laka. Almannaan, yaa badii'as samaawaati wal ardli yaa dzaljalaali wal ikroom. Yaa hayyuyaa qoyyuumu innii as-alukal jannata wa a'uudzubika minannaar (Ya Allah aku mohon kepada-Mu, sesungguhnya bagi-Mu segala pujian, tiada sesembahan selain Engkau Yang Mahaesa, tiada sekutu bagi-Mu, Maha Pemberi Nikmat, Pencipta Langit dan Bumi tanpa contoh sebelumnya. Wahai Tuhan yg memiliki keagungan dan kemuliaan, wahai Tuhan Yg Mahahidup, Wahai Tuhan yg mengurusi segala sesuatu, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu agar dimasukkan ke surga dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka) (Hadits Abu Dawud, An Nasa-i, Ibnu Majah: dari Anas)

Tidak ada komentar: